Saturday 1 June 2013

1 3 Langkah Membuat Video Company Profile




Company Profile
Untuk memulai membuat sebuah video company profile yang terancang baik dan benar. Kita harus melalui dan mengetahui tahapan-tahapan yang tepat. Karena bila kita tidak mengetahui tahapan tersebut, hasil video company profile akan mengalami proses yang kurang masksimal dan memakan waktu yang lama, sehingga apa yang ingin direpresentasikan dan dicitrakan menjadi profil perusahaan kurang tersampaikan dengan bagus.  Oleh karena itu step-step atau tahapan dalam membuat sebuah video company Profile yang baik harus diketahui untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh sehingga hasil yang didapat maksimal. Acuan dalam pembuatan company profile yang baik dan benar terbagi atas tiga bagian utama yaitu:
1. Pra Produksi/Pre-Production
tahap awal atau persiapan video company profile adalah dengan memproses materi outline dari klien yang berisi shooting objective, durasi, target audience, tempat/setting, budget dan lain lain. Setelah semua bahan-bahan materi outline terkumpul dan terseleksi, scripwriter akan mengolah bahan tersebut menjadi naskah video company profile.


Di dalam naskah video company profile umumnya terdapat narasi naskah berupa penjelasan audio, video dan keterangan scene yang membentuk alur cerita video company profile. Hasil naskah video company profile yang telah dibuat akan dikonfirmasi ulang ke klien, terkait apakah naskah video sudah tepat atau perlu ada revisi. Jika hasil naskah video company profile terdapat revisi, maka naskah akan dirubah sesuai dengan kesepakatan dan bimbingan team pra produksi dalam hal ini scripwriter dan storyboard artist. Setelah hasil naskah video company profile disetujui oleh klien, team akan membreakdown untuk jadwal shooting, lokasi shooting, casting, property, peralatan dan lain-lain. Segala hal yang berupa perencanaan produksi video company profile dilakukan untuk memberikan hasil maksimal dalam pembuatan profil perusahaan, oleh karena itu pada tahap ini sering dilakukan revisi konsep sebelum ke tahap produksi atau pasca produksi.

2. Produksi/Production
Merupakan tahap pelaksanaan di mana shooting video company profile dilakukan. semua hasil shooting merujuk pada naskah storyboard yang sudah dibuat ditahap pra produksi atau persiapan. Pada tahap produksi ini, team akan mengambil gambar video sesuai dengan naskah video company profile. Pengambilan gambar pada shooting video company profile tidak harus sesuai urutan scene biasanya diacak berdasarkan pada hal-hal termudah untuk di shooting.

Faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan gambar video company profile kurang lebih adalah lokasi dan avabilitas orang-orang bersangkutan. Lokasi yang jauh akan memerlukan waktu lebih untuk ketempat tujuan dan diperlukan survey sebagai upaya menyesuaikan lokasi setempat dengan naskah video company profile. Sedangkan avabilitas orang-orang bersangkutan terjadi karena kurang kordinasi dari pihak klien misalkan surat perizinan, ketidakhadiran talent dari klien dan persyaratan untuk shooting pada lokasi.

Pada tahap produksi ini, penting untuk mengambil stock gambar lebih banyak sebagai upaya preventif dalam kekurangan stock shoot gambar. Karena pengulangan akan memakan biaya produksi, waktu dan tenaga. Oleh karena itu tips bijak dalam mencegah hal itu adalah dengan mengadakan survey lapangan






Tips Membuat Company Profile yang Baik

Setiap bisnis usaha membutuhkan pencitraan yang baik untuk pelanggan potensial, mitra kerja, investor bahkan karyawan. Sebuah company profile bisa mencitrakan bahwa perusahaan anda dapat dipercaya dan berkredibilitas tinggi. company profile yang baik juga dapat mendidik audience tentang profil perusahaan.
Tips #1
Untuk membuat company profile kita harus memperhatikan hal dasar atau fondasi. Untuk memulai company profile kita harus memulai dengan latarbelakang perusahaan yang menerangkan tentang sejarah perusahaan dan juga tujuan utama perusahaan. Namun yang perlu diketahui adalah sangat penting untuk tidak menghabiskan waktu dalam menerangkan sejarah, karena yang lebih terpenting adalah bergerak dalam bidang apakah perusahaan anda.
Tips#2
Dalam company profile yang baik anda harus menjelaskan bagaimana perusahaan anda ber fungsi dan bekerja. Cara termudah dalam mendeskripsikan profil perusahaan anda adalah dengan berbicara bentuk bisnis anda. Anda bisa berbicara aspek demografi (spesifikasi usaha, target market dan lain-lain) agar company profile anda mendapatkan nilai tambah di perkembangan pasar.
Tips#3
Pastikan dalam sebuah company profile atau profil perusahaan, anda mempunyai data-data perusahaan. Karena anda akan menerangkan tentang produk servis, figure penjualan, prediksi kedepan, keuntungan, karyawan, dan masalah informasi profil perusahaan lainnya. Hal ini bisa menjadi sangat penting khususnya untuk menarik investor dan mitra kerja. Karena data-data tersebut dapat memberikan gambaran dan perkembangan perusahaan anda secara detail.
Tips#4
Menambahkan elemen design grafis, chart dan data pendukung lainnya di dalam bentuk company profile atau profil perusahaan. Representasi visual dapat menunjang mitra kerja yang potensial dan akan lebih di mengerti investor. Hal ini juga dapat menambahkan kredibiltas profil perusahaan anda.
Tips#5
Organisasikan atau atur informasi pada company profile atau profil perusahaan anda agar lebih dimengerti. Gunakan hal umum dalam company profile anda seperti nama perusahaan, alamat, status dan keterangan yang langsung diartikan pada perusahaan anda. Dengan mengorganisasikan company profile atau profil perusahaan anda, akan mempermudah audience mencari spesifikasi perusahaan yang sesuai dengan kebutuhannya

1 comments:

Blessing Digital said...

Thanks info cara buat video company profilenya pak

http://www.blessingdigital.com/services/video-marketing

Post a Comment