Friday 12 July 2013

0 awal mula aliran musik scream


AWAL MULA TERBENTUKNYA ALIRAN SCREAMO

Pemahaman tentang EMO

3 hal pemahaman tentang EMO

1. Sebagai suatu genre musik, emocore termasuk musik yang agak terlambat masuk ke Indonesia, dimana sejak awal kemunculannya, pada tahun 1984, baru saat sekarang ini emo muncul sebagai jenis musik yang sangat banyak diminati, baik di Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang, Medan, Kalimantan, Sulawes, dsb. Genre Musik ini, sebagaimana genre musik lainnya sangat mustahil muncul dengan sendirinya. Semua aspek budaya manusia, termasuk di dalamnya hal ini, emo, punk, metal, hardcore, rock 'n' roll, sangat bersifat 'dialektis', yang artinya terbentuk dari berbagai pengaruh budaya lain yang sebelumnya dan saat itu, ada. Tidak dalam hal style dan audio-visual saja, tapi secara ideologis, musik sangat besar dipengaruhi oleh situasi dan kondisi sosial subjek di sekitarnya, jika kita lihat akar musik underground di dunia, semua berasal dari satu moyang, jazz, blues dan klasik. Dan corak masing-masing generasi dari genre musik tersebut, sangatlah berbeda satu sama lainnya, sesuai dengan kondisi zamannya, dan poin inilah yang akan saya jelaskan di poin ke-3 di bawah. 

2. Sebagai suatu komunitas, kesamaan hobi dan selera dalam musik, dalam hal ini, emo-core, screamo, dsb. mendorong suatu pergerakan sosial yang secara informal, mengumpulkan masyarakat muda untuk tergabung dalam even-even musik khusus, melalui media langsung dan tidak langsung menyatukan para individu yang berlatar belakang beda-beda dalam satu kesamaan hobi; all stuffs around emo. Atau sebagai contoh di Indonesia ini, kita mengenal suatu komunitas musik progesif rock yang bernama 'Indonesian Progressive Society' (IPS). 

3. Sebagai suatu fenomena perubahan sosial, di sinilah yang paling menarik. Sejak kemunculan 'Emo' dalam belantika musik di Indonesia, khususnya di generasi masyarakat Indie, kehadiran genre musik dan style dari Amrik ini membawa angin kontroversial yang cukup besar (bisa jadi hanya dibesar-besarkan, atau memang betul-betul besar dari sananya). Mengapa? karena berdasarkan fakta dari observasi saya, banyak diantara mereka yang menyukai 'musik emo' tapi di sisi lain, mereka membencinya hanya karena faktor 'fashion' (kulit luar)-nya saja, yang pada akhirnya bercampur aduk dengan penafsiran yang 'abstrak' dan akhirnya, melahirkan apresiasi musik yang abstrak pula tanpa ada kesimpulan objektif yang nyata dari jenis musik tersebut.  

Awal mula EMO

Awal mulanya

Sebenarnya susah juga untuk mendefinisikan musik emo itu sendiri seperti apa. Ironis memang, padahal kita gampang banget menstereotipkan seseorang sebagai emo kids tapi di sisi lain susah banget buat kita untuk mendefinisikan musik emo itu sendiri. 

Anyway, basicly kata emo didapat dari kata “Emotional”, dan musik ini awalnya merupakan salah satu anak-an dari musik punk. (pasti lo tau lah). Umumnya sih, dituangkan ke dalam lirik yang emosional cenderung cengeng, melodius, puitis dan dibalut dengan teriakan-teriakan luapan emosi, terutama emosi yang tak terbendung setelah band metal anda selalu gagal lolos di audisi acara-acara sunatan massal. (hehehe, tae ah!) 

Genre musik ini tuh mulai berkembang di akhir tahun 80an dan awal-awal 90an, sebagai sesuatu “label” yang awalnya diberikan kepada band punk di Washington DC saat itu, yang notabenenya memiliki permainan gitar lebih keras dari kebanyakan band punk. Dan alhasil genre musik ini dikenal sebagai musik “DC Punk”.

Pada tahun 1984 sejarah mencatat band hardcore-punk Hüsker Dü, sebuah band yang memberikan influence yang kuat pada band DC Punk lainnya kayak Faith, Rites of Spring dan Embrace. Merilis album keempat yang bertitel “Zen Arcade”. Album inilah yang menjadi sebuah album legenda saat itu.

Untuk informasi Embrace sendiri adalah band yang dibentuk oleh Ian MacKaye, yang sebelumnya menjadi vokalis band kenamaan Minor Threat. 

Definisi EMO

emo sebenernya aliran musik yg dimainkan dengan menggunakan
segala curahan dr sang pembawa lagu tersebut. alhasil banyak dr band2 tersebut kadang
di bilang cengeng, padahal sebenar nya tidak,itu cuma cara mereka mengexpresikan EMOsi mereka,
di dalam genre emo itu masih banyak terdapat aliran2 yg memiliki karakteristik yg berbeda2."

"biasanya sih emo di sini (indo) identik dgn polem alias poni lempar..
abg2nya berlomba2 manjang2in poni.. sampe2 alay alay kampung pun ikut"an bergaya "emo"
sok2an dengerin alexisonfire,alesana,story of the year dll..
padahal sih ga ngerti tuh apa yg di dengerin… ikut dengerin biar dibilang gaul..
dan biasanya kan band2 emo tuh kbnyakan indie,jarag yg mainstream..
trus kalo poser biasanya kalo jalan ke tempat publik gitu,mall misalnya suka seragam pake bajunya…
yg satu item,item semua…
dan poser bergaya emo cuma sebatas pnampilannya doang emo
nah,kalo real emo,gayanya juga ga terlalu mencolok bgt kaya poser2 gitu..
biasa aja sih menurut gw.. cuma,biasanya mereka tuh ga suka ngumpul2 di mall2 gtu kayak poser2..
mereka biasanya suka menyendiri gtu… soalnya emo itu kan dalam arti kasarnya adalah kaum2
terbuang/dikucilkan gtu kan… makanya jrg keliatan real emo kids di tempat2 publik..
dan ga semua org itu poser ya… poser itu cuma org yg bikin rusak emo aja.."


CONTOH BAND-BAND EMO (LUAR NEGERI)


1. SAOSIN

Saosin adalah sebuah band rock Amerika yang berasal yang berasal dari Newport Beach, California. Band ini dibentuk pada tahun 2003 dan merekam EP pertama, Penerjemahan Nama, tahun yang sama dengan aslinya penyanyi Anthony Green. Green meninggalkan Saosin menyusul keputusan band untuk sign dengan label komersial, Capitol Records. Vokalis Cove Reber mengambil alih sebagai frontman tercatat sebagai band yang album debutnya yang berjudul diri. Kedua album studio nya, In Search of Solid Ground dirilis pada tanggal 8 September 2009 tentang Perawan dan berisi tiga lagu rekaman ulang dari The Grey EP. Band ini berpisah dengan Reber pada 21 Juli 2010 dan saat ini terdiri dari gitaris Beau Burchell dan Justin Shekoski, bassis Chris Sorenson, dan drummer Alex Rodriguez. Band saat ini audisi vokalis potensial. Di antara mereka audisi adalah Tides mantan vokalis Manusia Tilian Pearson.
Anthony Green, mantan vokalis, awalnya mengusulkan nama "Saosin" untuk band. Saosin berarti "hati-hati" dalam bahasa Cina (?? xiao xin). Kata berasal dari pepatah abad ke-15 tentang ayah menegur anak-anak mereka yang sedang menikah uang untuk tidak terlibat secara emosional dengan istri mereka, karena mereka bisa mati setiap saat. Green menjelaskan makna di balik ini sebagai referensi untuk fakta bahwa tidak ada yang abadi, dan bahwa itu adalah kesalahan untuk menjadi terlalu melekat pada salah satu atau hal, karena hal itu akhirnya akan hilang [7] Sementara. Green pribadi penafsiran kata ?? xiao xin tidak jelas, ?? xiao xin umumnya digunakan dalam bahasa Cina sebagai sarana untuk mengekspresikan hati-hati.
anggota band

saat ini anggota

Beau Burchell - gitar (sejak 2003)
Justin Shekoski - lead guitar backing vocal, (sejak 2003)
Chris Sorenson - bass, keyboard backing vocal,, gitar akustik [29] (sejak 2003)
Alex Rodriguez - drum (sejak 2003)

mantan anggota

Anthony Green - vokal (2003-2004)
Cove Reber - vokal (2004-2010) [30]
Zach Kennedy - bass (2003)

Touring anggota

Philip Sneed - vokal (2004) [31]
Ken Floyd - gitar (2010) [32]
Pat McGrath - drum (2003)

salah satu lagunya yang paling terkenal didunia
http://www.youtube.com/watch?v=zJALPNdJsHU

2. CIRCA SURVIVE

Circa Survive adalah band rock Amerika progresif dari Philadelphia, Pennsylvania pinggiran Doylestown, dibentuk pada tahun 2004. Band ini terdiri dari vokalis Anthony Green, mantan penyanyi Saosin dan anggota Hari sekarang sudah tidak berfungsi Teruskan ini.
Album debut mereka, Juturna, dirilis pada tanggal 9 April 2005, oleh Equal Visi Records, yang mendapat sambutan keras. Namun album kedua mereka, On The Go Membiarkan, dirilis pada 29 Mei 2007, mengumpulkan pujian kritis luas. Album ketiga mereka, Kebisingan Blue Sky, dirilis pada tanggal 20 April 2010 di Atlantic Records untuk pujian kritis lebih besar dan kesuksesan mainstream.

Pembentukan

Setelah kembali ke kota kelahirannya, Philadelphia untuk janji dokter gigi dan untuk mengunjungi pacarnya Meredith, Anthony Green pergi ke bandara untuk kembali ke California untuk bekerja dengan band Saosin, yang ia adalah penyanyi utama. Namun, saat singgah di Phoenix, tiba-tiba ia telah epifani - terlepas dari kenyataan bahwa Saosin dekat dengan pecah, ia tahu ia akan sengsara kalau ia kembali. Ketika ditanya tentang keputusannya untuk meninggalkan Saosin ia menyatakan, "saya meninggalkan terutama karena saya tidak ingin untuk masuk ke label besar di band itu." Green juga menyatakan bahwa alasan lain untuk meninggalkan Saosin adalah karena ia sangat merindukan dan hilang keluarganya.

band ini terdiri dari :
- Anthony Green
- Colin Frangicetto
- Brendan Ekstrom
- Nick Beard
- Steve Clifford

salah satu lagunya:
http://www.youtube.com/watch?v=cvAQEx_Itfw


3. ALESANA

Alesana (diucapkan / æl?s æn? / Alice-Anna) [3] adalah sebuah band rock Amerika dari Raleigh, North Carolina. Dibentuk pada tahun 2004, kelompok ini telah merilis satu EP dan tiga album studio. Dengan penandatanganan mereka saat ini untuk Epitaph Records, band ini mencapai keberhasilan setelah debut mereka, Pada Sayap Rapuh Vanity dan Wax, dengan perhatian yang tinggi tertarik pada gaya musik mereka yang secara teratur pergeseran antara musik ringan dan berat. Nama band mereka berasal dari jalan bernama Aliceanna St, yang terletak di Baltimore.
Meskipun anggota band pertama mulai bermain bersama di Baltimore, Maryland, Alesana resmi terbentuk pada Oktober 2004 di Raleigh, North Carolina dan didirikan oleh Shawn Milke, Patrick Thompson, Dennis Lee, Steven Tomany dan Daniel Magnuson. Nama band ini terinspirasi dari Aliceanna St, yang Shawn Milke dan Patrick Thompson hidup pada saat bermain di Baltimore, MD. Aliceanna St terletak di Fells Point, sebuah lingkungan di Baltimore. Alesana adalah band pertama untuk bergabung Tragic Hero Records pada tahun 2005 [5], dan 3 lagu demo mereka berjudul "Apology", "Beautiful in Blue" dan "Goodbye, Goodnight For Good" yang ditampilkan di kompilasi Semua Tragedi Uang Dapat Membeli . Pada Mei 2005 mereka merilis debut EP mereka, Try this with your eyes. Alesana tur di Amerika Serikat, termasuk sebuah penampilan di Cornerstone Festival. Pada tahun yang sama Daniel Magnuson digantikan oleh Will Anderson.

anggota

-Shawn Milke
-Shane Crump
-Dennis Lee
-Patrick Thompson
-alex Torres
-Jeremy Bryan

terakhir anggota

- jake Campbell
- Adam Ferguson
- steven Tomany
- WillAnderson
- Daniel Magnuson

0 comments:

Post a Comment